Salah Kaprah tentang Sepeda Onthel
berita
Sumber Foto : sepedaonthel.com
22 December 2018 16:10
Watyutink.com - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Sepeda Onthel, jenis sepeda yang identik dengan sepeda tua. Itulah sebabnya dalam berbagai kesempatan sepeda onthel selalu tampil dengan dandanan ala tempo doeloe. Penunggangnya pun selalu tampil dengan kostum masa lampau.

Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya arti dari kata Onthel?

Kata “Onthel” sebenarnya diambil dari bahasa Jawa yang berarti kayuh atau gowes. Maka sesungguhnya yang dimaksud dengan sepeda onthel  adalah semua sepeda yang bergerak dengan cara dikayuh. Hal ini untuk membedakan dengan sepeda motor yang digerakkan dengan motor atau mesin.

Seharusnya semua sepeda yang digowes adalah sepeda onthel, tidak peduli berupa sepeda gunung, sepeda balap, sepeda fixie, sepeda mini, atau BMX.

Sedangkan yang sekarang dikenal dengan sepeda onthel sebenarnya adalah sepeda kebo. Ada pula yang menyebutnya sepeda unta atau sepeda kumbang. Bentuknya mirip dengan jenis sepeda jengki, namun berbeda bentuk stangnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Rekonsiliasi ala Amien Rais Tidak Beretik Demokrasi             Indonesia Butuh Rupiah Kuat             Pembangunan Kodim untuk Wilayah 3T Urgen             Harus Disesuaikan dengan Kebutuhan dan Ancamanya             Rekonsiliasi Transaksional Rusak Mental Bangsa             Tak Ada Rekonsiliasi Tanpa Power Sharing             Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan