Sama Lezatnya, Mana yang Lebih Baik Ikan Laut atau Ikan Air Tawar?
berita

30 March 2019 16:35
Watyutink.com – Selama ini kita mengenal dua jenis ikan, yakni ikan laut dan ikan air tawar. Meski ada juga ikan air payau, seperti bandeng namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Tidak seperti ikan laut yang jumlahnya sangat banyak. Ikan air tawar pun tak kalah banyak jumlahnya. Ayo coba sebutkan nama-nama ikan laut dan air tawar?

Kedua jenis ikan tersebut diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat banyak serta baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya menjadikan ikan sebagai menu makan sehari-hari sangat dianjurkan, terutama bagi anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan.

Tapi, tahukah Anda, dari kedua jenis ikan tersbut, mana  yang lebih baik bagi kesehatan manusia?

Guru Besar IPB bidang Keamanan Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, M.S menyebut jika melihat kandungan gizi pada kedua jenis ikan tersebut, ikan laut jelas lebih unggul. Ikan laut diketahui memiliki kandungan DHA dan EPA yang sangat tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan ibu hamil, terutama untuk pertumbuhan janin.

Sulaeman mencontohkan ikan tuna dan ikan cakalang yang memiliki kandungan DHA dan EPA, termasuk kandungan asam lemak esensial, yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan-ikan air tawar. Sulaeman menjelaskan ikan laut membutuhkan asam lemak untuk bertahan hidup pada suhu air laut dalam yang dingin.

Selain memilliki kandungan asam lemak esensial tinggi, sebagian ikan laut juga memiliki kadar kolesterol yang rendah. Sulaeman mencontohkan ikan cakalang yang memiliki kadar kolesterol cukup rendah.

Peraih gelar doktor dari University of Nebraska Lincoln, AS ini juga menyebut daging ikan laut lebih mudah dicerna daripada ikan air tawar. Selain itu ikan laut juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Kedua zat tersebut diketahui sangat baik bagi tubuh.

Meski memiliki kandungan gizi yang lebih baik, bukan berarti semua ikan laut lebih baik dibandingkan ikan air tawar. Pasalnya beberapa ikan air tawar juga mengandung gizi yang cukup banyak. Sulaeman mencontohkan ikan gabus atau belut yang kaya akan kandungan globulin, zat yang bisa membantu tubuh membentuk antibodi.

Itulah sebabnya, ikan air tawar juga tidak kalah pentingnya dijadikan sumber asupan gizi. Ada baiknya, kita mengkombinasikan kedua jenis ikan tersebut sebagai menu makan sehari-hari. Selain sama-sama lezat memvariasikan menu makanan juga akan menambah selera. Kita pun tidak bosan mengkonsumsi ikan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

FOLLOW US

Tim Teknis Bikin Boros Anggaran Saja             Presiden dan Kapolri Perlu Ambil Sikap Tegas             Fungsi Hutan Tidak Hanya dari Aspek Ekonomi              Kodim Lakukan Pendekatan Pembinaan Teriorial Bukan Pendekatan Operasi Tempur             Lingkungan Baik Ciptakan Anak Sehat             Anak Memiliki Bakat dan Kecerdasan yang Berbeda             Indonesia Bakal Menuai Musibah Electronic Sports             Pemekaran Kodim vis a vis Visi Pertahanan Negara Poros Maritim Dunia             Menggugat Peran Keluarga  Dalam Perlindungan Anak             Anak, Tanggung Jawab Bersama