Sambel Goreng Ati, Makanan Khas Lebaran yang Mampu Sehatkan Mata dan Cegah Anemia
berita
Sumber:Kokiku.tv
23 May 2020 18:15
Watyutink.com - Lebaran rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran sambel goreng ati. Bersama ketupat dan opor, sambel goreng ati adalah makanan wajib pada Hari Raya Idul Fitri. Itulah sebabnya beberapa hari sebelum bulan Ramadhan berakhir, banyak orang berburu hati sapi untuk dimasak menjadi samber goreng ati.

Selain lezat, sambel goreng ati ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Pasalnya hati sapi, bahan baku utama sambel goreng ati, diketahui memiliki kandungan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat hati sapi untuk kesehatan?

Hati sapi diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Seperti, zat besi, vitamin A dan B12. Selain itu mengonsumsi hati sapi juga dapat menyaring racun dan zat lain yang berbahaya bagi kesehatan. Zat yang merugikan itu akan keluar dari darah dan tubuh manusia.

Salah satu manfaat hati sapi adalah untuk mengobati anemia atau kurang darah. Kandungan zat besi dalam hati sapi diyakini mampu mencegah anemia. Selain itu zat besi juga berguna membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga berperan lain dalam mendukung metabolisme dan sistem kekebalan tubuh

Satu potong hati sapi rebus seberat 2,4 ons mengandung 4,5 miligram zat besi. Dalam sehari pria dewasa setidaknya membutuhkan delapan miligram zat besi. Wanita dewasa membutuhkan lebih banyak zat besi, yakni 18 miligram per hari. Untuk meningkatkan asupan zat besi, hati sapi sebaiknya disajikan bersama makanan lain seperti bayam, brokoli, atau kacang polong.

Hati sapi juga penting untuk pembentukan energi. Pasalnya hati sapi mengandung  karbohidrat dan protein yang berkontribusi pada jumlah energi pada tubuh. Namun kedua nutrisi tersebut tidak dapat diubah menjadi energi tanpa peran vitamin B. Hati sapi diketahui kaya akan kandungan vitamin B. Selain itu ada pula zat bermanfaat lainnya seperti, tiamin, riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat dan asam amino esensial.

Satu irisan hati sapi yang direbus memiliki 3,5 gram karbohidrat dan 20 gram protein. Asupan protein tinggi dapat membantu membangun otot dan melindungi terhadap kehilangan otot. Selain itu mengonsumsi hati sapi juga bisa menurunkan berat badan.

Hati sapi juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini lantaran hati sapi kaya akan kandungan vitamin A. Satu irisan hati sapi mengandunh 21.566 unit internasional vitamin A. Padahal nilai harian vitamin A yang disarankan adalah 5.000 unit internasional.

Itulah sebabnya mengonsumsi hati sapi bisa menghindarkan tubuh dari penyakit mata, seperti katarak, infeksi mata, dan degenerasi makula terkait usia.

Namun perlu diperhatikan, mengonsumsi hati sapi dalam jumlah berlebih sangat tidak disarankan. Pasalnya konsumsi hati sapi berlebihan justru akan menjadi racun bagi tubuh, terutama kandungan vitamin A. Jumlah asupan yang disarakan tidak lebih dari 10.000 unit internasional per hari.n

penting untuk diketahui bahwa bentuk vitamin A yang didapatkan dari hati dapat menjadi racun jika dikonsumsi terlalu banyak. Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 10.000 unit internasional setiap hari.

Bagi penderita kolesterol tinggi, sebaiknya tidak mengonsumsi hati sapi. Selain itu pastikan hati sapi yang dikonsumsi segar dan organik.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF