Sayur Leunca, Kecil Bentuknya Besar Manfaatnya Sembuhkan Sakit Kepala dan Cegah Kanker
berita
Sayur Leunca
19 April 2020 17:35
Watyutink.com - Penggemar masakan Sunda pasti tidak asing lagi dengan sayur leunca. Sayuran berbentuk bulat sebesar biji kelereng ini selalu hadir menemani menu lalapan. Rasanya yang segar dan sensasi saat menggigitnya pasti membuat orang ingin nambah lagi dan lagi.

Ternyata selain enak dimakan, leunca juga kaya manfaat. Pasalnya sayuran ini mengandung beragam kegunaan bagi kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat sayur leunca bagi kesehatan

Para ahli menyebut leunca memiliki sifat antipiretik. Hal ini membuat sayur leunca bermanfaat sebagai obat demam alami. Zat antipiretik biasanya terdapat dalam obat demam atau penurun panas. Zat antipiretik bekerja dengan cara menghambat sintesa dan pelepasan prostaglandin.

Itulah sebabnya jika terserang demam, sebelum mengonsumsi obat kimia, cobalah makan sayur leunca. Sayur leunca juga bisa menjadi obat sakit kepala. Pasalnya sayuran dengan nama latin Solanum Nigrum L ini mengandung sifat analgetik yang bisa meredakan sakit kepala.

Leunca juga memiliki kandungan zat solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine. Keempat zat tersebut berguna untuk mencegah kanker, seperti kanker payudara, leher rahim, lambung, hingga saluran pernapasan.

Senyawa solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine diyakini bisa mengendalikan sel kanker. Akibatnya perkembangan sel penyakit mematikan ini bisa dihambat.

Manfaat leunca yang lain adalah mencegah dan menyembuhkan infeksi saluran kemih (ISK). Hal ini lantaran leunca memiliki kandungan senyawa antidiuretik yang dapat menyembuhkan ISK yang disebabkan bakteri.

Penyakit ISK tidak boleh dipandang remeh. Pasalnya jika tidak disembuhkan bisa menyebabkan infeksi yang memengaruhi ginjal, kandung kemih, dan tabung yang mengalir di antara organ-organ tersebut.

Leunca juga baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya sayuran ini mengandung vitamin A, B1, dan C. Ketiga vitamin itu sangat bermanfaat menjaga kesehatan dan merawat kulit.

Vitamin C dikenal memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat menangkal efek buruk radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel kulit. Jika sel kulit rusak akan berimbas pada sejumlah masalah seperti kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus.

Leunca juga bisa menjadi alat kontrasepsi alami. Pasalnya leunca bisa mengurangi kualitas dan kuantitas sperma sehingga mengurangi potensi kehamilan. Namun hal ini masih membutihkam penelitian yang lebih spesifik dan mendalam.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF