Selain Boros Listrik, Tidur dengan Lampu Menyala juga Berbahaya, bisa Picu Kanker, Insomnia, dan Obesitas
berita
Sumber Foto: grid.id
11 April 2020 16:50
Watyutink.com - Saat tidur, bagaimana kondisi kamar Anda, gelap atau terang? Banyak orang yang tidak terlalu mempedulikan lampu saat tidur. Lampu menyala atau padam saat tidur bagi kebanyakan orang sama saja.

Padahal sesungguhnya saat tidur sangat disarankan lampu dalam kondisi padam. Bukan hanya untuk menghemat listrik, tidur dengan lampu menyala ternyata membawa efek negatif bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa akibat keseringan tidur dengan lampu menyala?

Pakar pengobatan herbal dr Zaidul Akbar mengatakan tidur dengan lampu padan dapat memperbaiki enzim dan hormon dalam tubuh. Penulis buku Jurus Sehat Rasulullah ini tidur terbaik adalah dalam kondisi gelap atau lampu padam. Pasalnya di dalam kepala manusia terdapat hormon melatoni dan selatonin yang memberikan efek rileks. Kedua hormon tersebut menurut Zaidul tidak membutuhkan cahaya dan bisa keluar saat kondisi gelap.

Setidaknya ada lima gangguan kesehatan yang bisa terjadi akibat tidur dengan lampu menyala. Salah satu yang terberat adalah memicu kanker. Terutama bagi para wanita, tidur dengan lampu menyala berisiko menyebabkan kanker payudara dan usus besar.

Dampak yang paling umum akibat kebiasaan tidur dengan lampu menyala adalah insomnia. Hal ini lantaran orang yang tidur di bawah lampu menyala cenderung memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang buruk. Siklus tidur juga jadi kacau akibat lampu menyala. Dalam jangka panjang kondisi ini pasti berakibat negatif bagi kesehatan.

Tidur dengan lampu menyala juga kerap menyebabkan depresi. Pasalnya paparan sinar lampu dapat mempengaruhi suasana hati. Hal itu lantaran sinar lampu dimalam hari dapat meningkatkan perubahan fisiologis dan mengarah pada depresi.

Selain itu tidur dengan lampu menyala cenderung menyebabkan lelah saat bangun. Paparan sinar lampu menyebabkab seseorang sulit tertidur. Hormon melatonin dalam kepala tidak akan muncul. Padahal hormon itulah yang mempermudah tidur. Akibatnya tidur tidak nyenyak dan merasa capek atau lelah saat terbangun.

Dampak buruk selanjutnya akibat tidur dengan lampu menyala adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Studi terhadap para wanita menunjukkan, obesitas dapat terjadi akibat tidur dengan lampu menyala. Faktor yang paling banyak mempenhgaruhi obesitas adalah cahaya lampu, gadget dan televisi.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila