Selain Wortel, Buah-buahan Ini Bagus untuk Kesehatan Mata
berita
Sumber Foto : youtube.com
07 May 2019 14:45
Watyutink.com - Mata adalah salah satu pancaindra manusia. Dengan mata, kita bisa melihat ciptaan Tuhan yang sangat indah di dunia ini. Untuk itu, kita perlu menjaga mata supaya tetap sehat dan bisa melihat dengan jelas.

Banyak sekali ditemui penyakit-penyakit yang menyerang mata, salah satunya yaitu katarak yang biasanya diderita oleh orang-orang usia lanjut. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk remaja dan bahkan anak kecil pun sudah menderita penyakit mata, seperti minus dan rabun jauh, sehingga mengharuskan mereka untuk memakai kacamata.

Tahukah Anda, apa saja buah-buahan yang bisa menyehatkan mata?

Buah merupakan salah satu makanan yang sehat dan cukup banyak digemari orang. Selain menyegarkan, vitamin yang ada di dalam buah terbilang cukup sehat untuk dikonsumsi. Penelitian yang dilakukan di Universitas Georgia membuktikan bahwa buah-buahan bisa mencegah penyakit mata.

Salah satu buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata adalah alpukat. Di dalam alpukat terdapat lutein, yaitu senyawa karotenoid, phytonutrient dan antioksidan alami. Satu buah alpukat mengandung 81 mcg lutein yang jika rutin dikonsumsi dapat mengurangi risiko degenerasi makula mata karena usia.

Selain wortel, mengonsumsi buah Jeruk juga bisa menjaga kesehatan mata Anda. seiring bertambahnya usia, risiko penyakit mata seperti katarak akan semakin meningkat akibat radikal bebas. Kandungan vitamin C pada jeruk dapat mencegah risiko katarak dan kekeruhan pada lensa mata.

Selain itu, buah pepaya dan buah tomat juga dipercaya bisa mengurangi penyakit mata karena kaya akan vitamin A, B, serta Beta karoten. Sedangkan tomat kaya akan vitamin A, B1, dan C yang baik untuk miopia atau rabun jauh, dan rabun dekat (hiperopia).

Untuk itu, menjaga asupan nutrisi yang baik dan sehat,untuk kesehatan mata sangat perlu. Namun pada orang lanjut usia, kemungkinan besar asupan vitamin sudah tidak mencukupi, sehingga penambahan vitamin dalam bentuk suplemen boleh diberikan. Bila Anda ingin mengonsumsi suplemen, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan perlu rekomendasi dokter.

Selain itu, anak-anak dan remaja juga bisa mencegah penyakit mata dengan cara tidak menonton televisi secara dekat atau bermain game terlalu lama, karena dapat merusak mata. Biasakanlah anak-anak Anda untuk sering mengonsumsi buah supaya kesehatan mata tetap terjaga. (lien)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir