Sembuhkan Asam Urat dengan Ramuan Rumput Laut, Chia Seed dan Jahe
berita
Rumput laut-Chia seed-Jahe
08 June 2020 16:40
Watyutink.com – Asam urat adalah gangguan kesehatan yang sangat menganggu. Pasalnya penyakit ini menyerang persendian yang mempunyai peran penting bagi tubuh untuk beraktivitas. Saat terserang asam urat, persendian akan terasa sangat sakit. Akibatnya tubuh sulit bergerak dan tidak bisa beraktivitas.  

Para penderita seringkali mengandalkan obat-obatan kimia untuk mengatasi masalah asam urat. Padahal sejatinya, asam urat bisa diatasi menggunakan obat tradisional atau ramuan alami. Para ahli menyebut penggunaan ramuan alami atau herbal lebih dianjurkan lantaran bebas dari kandungan kimia yang bisa jadi menimbulkan efek samping.

Tahukah Anda, apa ramuan alami yang bisa mengatasi asam urat?

Penyakit asam urat disebut juga gout adalah penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini terjadi lantaran kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun saat terjadi gangguan, tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih. Akibatnya tubuh kesulitan membunag kelebihan asam urat sehingga menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam urat akan memicu terbentuknya kristal di persendian. Hal inilah yang menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Seringkali disertai rasa nyeri yang aman sangat. Meski kristal terbentuk di persendia, namun terkadang juga muncul di ginjal dan saluran kemih. Jika ini terjadi, asam urat bisa pula menganggu kerja organ ginjal dan memicu penyumbatan salurah kemih.

Itulah sebabnya asam urat tidak bisa dipandang remeh dan harus segera diatasi. Para ahli kesehatan menganjurkan, sebelum menggunakan obat-obatan kimia, penderita asam urat memanfaatkan bahan-bahan alami atau herbal. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan ganguan asam urat, salah satunya adalah rumput laut.

Bahan pangan dengan nama lain seaweed adalah tumbuhan yang termasuk dalam kelompok algae. Para ahli kesehatan menyakini rumput laut bukan bahan pangan biasa melainkan penuh dengan manfaat kesehatan. Pasalnya dalam rumput laut tekandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Selain itu rumput laut juga mengandung antioksidan flavonoid dan kalsium yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang.

Bahan alami lainnya yang berguna mengatasi masalah asam urat adalah chia seed. Bahan yang juga disebut biji chia ini berupa biji-bijian kecil berwarna hitam dan putih. Biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia Hispanica ini kaya akan kandungan omega-3, antioksidan, serat, zat besi, dan kalsium. Selain itu chia seed juga menjadi sumber fosfor, mangan, kalium, dan tembaga yang baik untuk kesehatan, terutama bagi tulang dan gigi.

Untuk membuat ramuan pencegah asam urat, caranya cukup mudah.Siapkan bahan berupa satu gelas ukuran sedang rumput laut murni , tanpa pengawet dan pemanis. Satu sendok teh chia seed siap makan, jahe sebesar ibu jari dan madu.

Iris tipis jahe dan seduh dengan air panas. Setelah tercampur dengan baik, campur air rebusan jahe tersebut dengan rumput laut dan chia seed. Sebelumnya rumput laut bisa dipotong kecil-kecil untuk memudahkan mengonsumsinya. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa. Jika ingin menambah variasi rasa bisa juga dimasukkan kurma yang telah dipotong kecil.

Aduk dengan rata ramuan itu. Minum airnya dan makan rumput lautnya. Konsumsi satu atau dua kali sepekan. Jika rutin dilakukan, bukan hanya asam urat yang sembuh, kolesterol dan tekanan darah akan menjadi lebih baik. Pencernaan juga menjadi lebih sehat. Selain itu ramuan tersebut juga bermanfaat membuang racun dari hati atau liver.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF