Sembuhkan Radang Tenggorokan dengan Ramuan Kunyit, Jeruk Nipis dan Madu
berita
Kunyit-Madu-Jeruk Nipis
07 March 2020 17:00
Watyutink.com – Salah satu penyakit yang kerap menyerang akhir-akhir ini adalah radang tenggorokan. Penyakit yang juga dikenal dengan nama farangitis ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Pasalnya tenggorokan akan terasa panas dan sakit saat meelan makanan. Itulah sebabnya penderita akan merasa tersiksa saat makan dan minum.

Saat terserang radang tenggorokan, orang biasanya menyambuhkannya dengan mengonsumsi obat-obatan kimia. Pasalnya obat tersebut dirasa dapat menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat. Padahal sebetulnya radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan ramuan herbal yang bebas dari bahan-bahan kimia.

Tahukah Anda, apa itu radang tenggorokan dan bahan alami apa yang bisa menyembuhkannya.

Radang tenggorokan di beberapa daerah juga disebut panas dalam. Pasalnya radang tenggorokan kerap menimbuhlan rasa panas di tenggorokan dan bagian tubuh lainnya. Radang tenggorokan seringkali juga menyertai datangnya penyakit lainnya, seperti flu, demam, dan mononukleosis atau demam kelenjar.

Radang tenggorokan atau faringitis bisa menyerang siapa saja, anak-anak, dewasa, bahkan lanjut usia, pria atau wanita. Meski demikian anak-anak hingga usia 15 tahun lebih sering menderita faringitis. Seringkali radang tenggorokan terjadi akibat infeksi bakteri streptococcus.

Beberapa penyebab lainnya adalah alergi terhadap beberapa benda, seperti bulu binatang, jamur, debu atau serbu sari bunga. Postnasal drip yang kerap muncul pada kasus alergi juga bisa memicu radang tenggorokan. Postnasal drip adalah lendir yang menumpuk di belakang hidung dan tenggorokan. Postnasal drip kerap muncul saat hidung mampet akibat sinus dan menimbulkan gatal dan sakit di tenggorokan.

Udara pengap dan panas juga bisa merangsang munculnya radang tenggorokan. Selain itu terlalu sering bernafas dengan mulut akibat hidung tersumbat juga menjadi penyebab radang tenggorokan.

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan biasanya pasien menggunakan obat-obatan analgesik yang mampu meredakan rasa nyeri, seperti ibuprofen dan paracetamol. Terutama jika radang tenggorokan menyerang anak-anak dan disertai demam.

Selain obat kimia, adapula bahan alami atau herbal yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan radang tenggorokan, yakni kunyit. Bahan herbal jenis rimpang atau rempah ini diketahui memiliki zat kurkumin yang mampu mengatasi inflamasi, termasuk menyembuhkan radang tenggorokan.

Untuk membuat ramuan kunyit bagi radang tenggorokan, caranya cukup mudah. Sediakan beberapa ruas kunyit, paruh hingga halus. Atau bisa juga menggunakan kunyit bubuk yang banyak dijual di toko kesehatan.

Ambil satu atau dua sendok teh kunyit bubuk atau kunyit parut, lada bubuk seujung sendok teh, rebus dengan 250 mililiter atau empat gelas air. Setelah mendidik diamkan sekitar 10 menit hingga hangat. Saring air rebusan tersebut. Campurkan air perasan jeruk nipis dan dua sendok makan madu. Aduk sebentar dan minum selagi hangat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila