Sembuhkan Wasir dengan Jus Lidah Buaya dan Kelapa Muda
berita
Ilustrasi kan/watyutink.com
18 July 2020 17:00
Watyutink.com - Wasir atau ambeien adalah gangguan kesehatan yang banyak diderita masyarakat. Wasir akan menyebabkan penderitanya serba salah. Bediri tidak enak, duduk malah lebih tersiksa. Pasalnya saat sedang kambuh, penderita wasir akan merasakan munculnya benjolan di area sekitar anus. Hal ini membuat duduk menjadi sangat menyakitkan.

Itulah sebabnya penderita wasir atau ambeien selalu berusaha menyembuhkan penyakitnya. Cara yang paling sering dilakukan adalah menggunakan obat kimia dan operasi. Padahal wasir bisa diatasi dengan bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang bisa mengobati wasir?

Wasir adalah gangguan kesehatan akibat terjadinya pembengkakan di sekitar usus besar dan anus. Munculnya wasir seringkali ditandai dengan rasa gatal disertai nyeri bahkan berdarah saat buang air besar. Hal itu disebabkan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di area sekitar anus.

Selain itu, wasir atau hemoroid juga muncul akibat adanya gangguan konstipasi, kebiasaan mengejan saat buang air besar, serta kurangnya asupan serat dalam makanan sehari-hari. Selain itu makanan pedas juga bisa memberikan pengaruh buruk bagi penderita wasir.

Makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan yang memperburuk kondisi wasir. Itulah sebabnya penderita wasir sebaiknya mengindari makanan pedas. Kebiasaan duduk terlalu lama dan mengangkat beban berat  juga bisa memicu seseorang terserang wasir.

Penderita wasir selalu berusaha menyembuhkan penyakitnya, termasuk dengan cara operasi. Namum bagi sebagaian penderita wasir, operasi adalah cara yang menakutkan. Itulah sebabnya penderita sebisa mungkin berusaha menghindari operasi.

Penderita pun memilih mengonsumsi bahan alami yang lebih aman. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah lidah buaya atau aloe vera.

Para ahli kesehatan menyebut lidah buaya  mengandung bradykinase, enzim yang membantu mengatasi pada kulit. Senyawa aktif pada gel lidah buaya secara topikal berguna untuk pengobatan homeopati dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu juga mengurangi nyeri dan peradangan, yang merupakan dua gejala umum wasir.

Sifat anti-inflamasi pada lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, rasa panas dan peradangan, sehingga membantu mengurangi iritasi wasir. Rasa dingin pada cairan atau gelnya juga dapat memberikan efek menenangkan. Mengonsumi lidah buaya dapat membuat tinja lebih lunak. Akibatnya saat buang air besar tidak perlu mengejan.

Untuk mengolah lidah buaya atau aloe vera sebagai obat wasir, caranya tidak sulit. Sediakan bahan-bahan berupa, lidah buaya sebesat 15 - 20 sentimeter. Sebutir kelapa muda, ambil air dan dagingnya, serta tiga butir kurma.

Kupas lidah buaya hingga tersisa bagian dalamnya, cuci dengan air mengalir hingga bersih. Potong kecil-kecil lidah buaya dan daging kelapa muda. Blender dengan air kelapa muda dan kurma. Minum secara rutin ramuan tersebut hingga wasir atau ambeien reda.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila