Serai, Mentimun, dan Daun Mint, Herbal Alami untuk Jaga Kesehatan Empedu
berita

30 May 2020 06:00
Watyutink.com – Empedu adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Pasalnya empedu berfungsi menyaring racun dalam tubuh. Racun tersebut berasal dari makanan  dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Namun sayangnya, kita sering mengabaikan fungsi empedu. Kita sering tidak memperhatikan konsumsi makanan dan minuman, salah satunya dengan makan makanan tinggi lemak. Akibatnya terjadi pengendapat kotoran di empedu. Jika dibiarkan, kotoran tersebut akan menumpuk dan memicu penyakit batu empedu.

Tahukah Anda, apa itu penyakit batu empedu?

Penyakit batu empedu adalah terbentuknya batu di dalam kantong atau saluran empedu. Kantong empedu adalah organ berukuran kecil yang terletak di bawah hati. Kantong empedu bertugas memperoduksi dan menyimpan cairan empedu yang befungsi mencerna zat-zat racun, salah satunya adalah kolesterol.

Jika kolesterol yang dicerna terlalu banyak akan terbentuk endapan. Semakin lama endapan tersebut akan mengeras dan menjadi batu. Jika masih dalam katagori ringan, penyakit batu empedu atau kolelitasis tidak membutuhkan perawatan rumah sakit. Namun jika sudah dalam katagori berat, terutama jika sudah menyumbut saluran empedu, mau tak mau harus dibawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Penyakit batu empedu biasanya ditandai dengan nyeri di perut bagian tengah atau kanan atas. Kondisi tersebut juga kerap disertai dengan mual, muntah, hilang nafsu makan, urine berwarna gelap, sakit maag, dan diare. Jika sakt perut seperti itu terjadi lebih dari delapan jam, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Terutama jika sudah disertai gejala demam, menggigil, mata dan kulit berwarna kuning.

Itulah sebabnya penting bagi kita selalu menjaga kesehatan organ empedu. Selain dengan selalu menjaga pola makan, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan herbal atau alami untuk menjaga kesehatan empedu. Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan ramuan serai atau sereh bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan empedu.

Untuk mendapatkan manfaat serai sangat mudah, ambil tiga batang serai, rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih biarkan sampai hangat. Tambahkan madu untuk memperkaya rasa dan minum selagi hangat.

Anda juga bisa memanfaatkan mentimun untuk menjaga kesehatan organ empedu. Pasalnya mentimun sangat baik mengusir kandungan lemak dalam tubuh, termasuk yang bersarang di dalam empedu. Caranya dengan mengolahnya menjadi jus mentimun. Minum secara rutin dua kali sehari. Jika dilakukan rutin selama 10 hari jus mentimun bisa mengeluarkan batu empedu.

Air rebusan daun mint juga bisa menjadi alteranatif mengatasi batu empedu. Caranya, rebus air hingga mendidih. Masukkan beberapa lembat daun mint, biarkan sesaat. Setelah itu saring dan minum air tersebut selagi hangat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF