Sering Dianggap Sepele, Ternyata Ini Fungsi Penting Udel atau Pusar Bagi Kesehatan Tubuh
berita
Sumber Foto : shutterstock
15 July 2020 16:23
Watyutink.com – Sebagian besar orang menganggap pusar tidak mempunnyai fungsi penting bagi tubuh. Bahkan ada yang menyebut pusar hanyalah bagian dari placenta yang berfungsi saat manusia masih berada di dalam kandungan. Sehingga setelah lahir, pusar tidak mempunyai fungsi apa pun.

Akibat anggapan ini banyak pula orang yang tidak memperhatikan kesehatan dan kebersihan pusar atau udel. Padahal sejatinya pusar mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Itulah sebabnya kebersihan dan kesehatannya harus selalu dijaga. Jika tidak, bukan tidak mungkin kita akan mengalami gangguan kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat pusar atau udel bagi tubuh?

Setiap orang pasti memiliki pusar, meski dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Secara umum organ tubuh bernama latin umbilicus ini ada dua jenis, yakni outie dan innies. Outie adalah pusat yang menonjol keluar atau yang kerap disebut udel bodong. Sedangkan innies adalah udel yang masih de dalam. Jenis udel innies lebih sering dikatakan sebagai pusar yang sempurna.  

Orang sering menganggap sepele fungsi udel. Padahal sejatinya organ yang terletak di perut ini mempuyai fungsi yang sangat penting, salah satunya sebagai titik pertanda saat seseorang menjalani proses operasi. Hal ini lantaran posisi pusat yang tepat berada di bagian tengah tubuh. Sehingga bisa dijadikan patokan saat ingin mengetahui serat otot yang ada dalam tubuh manusia.

Udel juga berfungsi sebagai pengatur pergerakan horman dalam tubuh manusia. Hormon adalam salah satu kandungan yang sangat bermanfaat dan berpengaruh bagi kesehatan. Pusar juga berperan dalam mengatur kerja kelenjar pankreas yang berada dalam perut. Kelenjar pankreas bekerja dengan mengeluarkan hormon insulin dan glukagon. Keduanya berperan penting dalam mengatur kadar gula atau glukosa dalam darah.

Pusar juga berguna mencegah tubuh mengalami masuk angin, kembung dan cepat lelah. Pasalnya pusar akan mengubah energi panas dari luar tubuh menjadi dingin. Itulah sebabnya jika seseorang sedang mengalami masuk angin, salah satu pengobatannya dengan mengoleskan minyak kayu putih di sekitar pusar.

Udel juga berfungsi mengatur kerja organ hati dalam memecah beberapa senyawa beracun dalam tubuh. Pusar akan mengatur kapasitas organ hati dalam menjalankan tugasnya dan menghindari keracunan. Selain itu udel juga berguna untuk mengatur kelenjar adrenalin disekitar perut. Hormon adrenalin yang dihasilkan akan diubah menjadi energi bagi tubuh.

Pusar juga berfungsi mengatur kinerja lambung agar tetap bekerja sesuai fungsinya. Selain itu udel juga berguna menjaga kondisi kantung empedu tetap baik. Kantung empedu sangat berpengaruh pada munculnya batu empedu sebagai akibat dari penumpukan dan pengerasan kolesterol. Pusar akan menjaga kantung empedu tetap sehat dan tidak mengalami gangguan.

Melihat fungsinya yang cukup penting sangat tepat jika kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan pusar. Terlebih pusar adalah ‘rumah’ bagi kuman dan bakteri. Peneliti dari North Carolina State University,  Amerika Serikat (AS) menyebut dalam pusar terdapat setidaknya 67 jenis bakteri. Sedangkan Toronto Star menyebut dalam pusat terdapat sekitar 1.400 bakteri yang berbeda.

Itulah sebabnya membersihkan udel harus rutin dilakukan. Meski demikian caranya tidak bisa sembarangan. Jika tidak hati-hati bukannya bersih, udel bisa mengalami luka bahkan iritasi. Sebaiknya bersihkan pusar menggunakan kapas atau cotton bud dengan diolesi alkohol atau baby oil. Lakukan dengan sangat harti-hati. Bisa juga membersihkan udel dengan sabun saat mandi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila