Sering Dianggap Tanaman Liar, Daun Meniran Mampu Sembuhkan Hepatitis, Diabetes, Batu Ginjal, dan Rematik
berita
Daun Meniran
16 May 2020 16:43
Watyutink.com - Selama ini daun tanaman meniran hanya dianggap tanaman liar. Pasalnya tanaman berdaun kecil ini lebih sering tumbuh liar bersama dengan semak-semak. Selain itu meniran biasanya tumbuh di kebun atau pekarangan yang tak rawat.

Ternyata tidak seperti yang  diduga. Tanaman meniran diketahui memiliki manfaat bagi manusia. Pasalnya meniran mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat tanaman meniran?

Tanaman meniran memiliki nama latin phyllanthus urinaria. Tanaman ini batangnya berbentuk bulat dan basah. Meniran bisa tumbuh hingga ketinggian 50 sentimeter. Daunnya kecil dan berbentuk lonjong. Tanaman meniran diketahui mengandung beragam senyawa, seperti flavon, hypophyllanthin, nirathin, dan nirterali yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat meniran adalah sebagai obat rematik. Meniran diketahui memiliki sifat anti-inflasi yang berguna meredakan nyeri sendi. Itulah sebabnya meniran bisa meredakan rematik yang kerap menyebabkan nyeri di persendian.

Caranya, siapkan satu sendok makan daun meniran dan tujuh lembar daun kumis kucing. Cuci hingga bersih lalu rebus dengan  satu gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Angkat lalu saring dan minum selagi hangat.

Meniran juga bermanfaat mengatasi penyakit batu ginjal. Pasalnya meniran memiliki kandungan ion K yang dapat melarutkan batu empedu. Sedangkan zat flovanoid dalam meniran mengandung sifat diuretik yang bisa mendorong produksi urine atau air seni. Itulah sebabnya meniran juga berguna menyembuhkan asam urat.

Caranya sangat mudah, siapkan 30 gram daun meniran, cuci hingga bersih. Rebus dengan empat gelas air hingga mendidih dan tinggal dua gelas. Angkat, saring dan minum pagi serta sore hari masing-masing satu gelas.

Daun meniran juga berguna untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini lantaran daun meniran mengandung kalium yang berguna menjaga tekanan darah tetap normal. Caranya, siapkan 50 gram daun meniran segar, cuci hingga bersih. Rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih dan tersisa satu setengah gelas. Saring dan biarkan menjadi dingin. Minum sehari tiga kali masing-masing setengah gelas.

Daun meniran juga bermanfaat mengobati penyakit hepatitis atau sakit kuning. Pasalnya daun meniran memiliki kandungan  antihepatoprotektif yang mampu menyembuhkan penyakit kuning dan memperbaiki jaringan hati yang sudah rusak.

Caranya siapkan 30 hingga 60 gram daun meniran, rebus dengan tiga gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Saring dan minum selagi hangat. Lakukan secara rutin selama sepekan.

Daun meniran juga memiliki kandungan senyawa yang berguna mengontrol kadar gula darah. Itulah sebabnya meniran berguna bagi proses penyembuhan sakit kencing manis atau diabetes. Daun meniran mampu memberi pengaruh baik pada hipoglikemi. Caranya sama dengan untuk mengobati hepatitis.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF