Telur Ayam dan Bebek, Mana yang Lebih Sehat?
berita
Sumber Foto : solusisehat.com
20 March 2019 16:55
Watyutink.com - Salah satu produk yang dihasilkan peternakan unggas adalah telur, selain daging. Bahan makanan ini diketahui memiliki kandungan prootein yang tinggi. Itulah sebabnya mengkonsumsi telur sangat disarankan untuk menjaga kesehatan.

Terdapat beragam jenis telur yang dipasarkan, seperti telur ayam, bebek, puyuh, dan angsa. Namun, dari keempat jenis tersebut telur ayam dan bebek yang paling banyak dikonsumsi. Baik untuk lauk sehari-hari maupun sebagai bahan atau campuran membuat kudapan, seperti kue, martabak, dan sebagainya.

Tahukah, Anda, antara telur ayam dan bebek mana yang paling sehat?

Kedua jenis telur ini secara penampilan terlihat sangat berbeda. Telur ayam mempunyai warna cangkang coklat. Untuk jenis ayam ras atau ayam negeri, cangkang telurnya berwarna coklat gelap. Sedangkan telur ayam kampung warna cangkangnya lebih terang.

Berbeda dengan telur bebek yang warna cangkangnya hijau terang. Ukuran telur bebek juga lebih besar.

Selain bentuk dan ukuran, kandungan gizi dalam kedua telur tersebut juga berbeda, seperti kandungan kalori dan lemak. Dalam satu butir telur ayam mengandung sekitar 72 kalori, sedangkan dalam sebutir telur bebek terkandung 266 kalori.

Sebutir telur ayam mengandung 4,75 gram lemak total dengan 1,56 gram lemak jenuh. Sedangkan satu butir telur bebek mengandung 19,11 gram lemak total dengan 5,1 gram lemak jenuh. Bagi Anda yang ingin mengurangi kadar lemak jenuh dalam tubuh maka pilihlah telur ayam.

Sedangkan untuk kandungan kolesterol, telur bebek diketahui mengandung lebih banyak zat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung itu. Sebutir telur ayam mengandung 186 miligram kolesterol. Seangkan dalam sebutir telur bebek terdapat 1.227 miligram kolesterol.

Perbedaan juga terlihat pada kandungan vitamin. Sebutir telur ayam memberikan 24 mikrogram folat, 0,45 mikrogram vitamin B12, 270 mikrogram vitamin A dan 41 mikrogram vitamin D. Sebutir telur bebek mengandung 109 mikrogram folat, 7,34 mikrogram vitamin B12, 936 mikrogram vitamin A dan 95 mikrogram vitamin D.

Dalam sebutir telur juga mengandung beragam mineral yang dibutuhkan tubuh. Sebutir telur ayam menyediakan 99 miligram fosfor, 28 miligram kalsium, 0,88 miligram zat besi, 69 miligram kalium dan 0,65 miligram seng. Sedangkan telur bebek mengandung 300 miligram fosfor, 86 miligram kalsium, 5,24 miligram zat besi, 302 miligram kalium dan 1,92 miligram seng.

Sementara kandungan protein dalam kedua telur tersebut adalah 6,23 gram untuk telur ayam dan 19,97 gram untuk telur bebek. Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Selain itu kecukupan akan protein juga membantu menurunkan berat badan. Sehingga bagi Anda yang sedang program diet, telur bebek menjadi pilihan yang tepat.

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, telur bebek ternyata lebih baik. Namun perlu diingat, kandungan kolesterol dalam telur bebek lebih tinggi. Sehingga bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol, sebaiknya pilihlah telur ayam untuk dikonsumsi.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

FOLLOW US

Tim Teknis Bikin Boros Anggaran Saja             Presiden dan Kapolri Perlu Ambil Sikap Tegas             Fungsi Hutan Tidak Hanya dari Aspek Ekonomi              Kodim Lakukan Pendekatan Pembinaan Teriorial Bukan Pendekatan Operasi Tempur             Lingkungan Baik Ciptakan Anak Sehat             Anak Memiliki Bakat dan Kecerdasan yang Berbeda             Indonesia Bakal Menuai Musibah Electronic Sports             Pemekaran Kodim vis a vis Visi Pertahanan Negara Poros Maritim Dunia             Menggugat Peran Keluarga  Dalam Perlindungan Anak             Anak, Tanggung Jawab Bersama