Tiba-tiba Sering Marah, Mungkin Perasaan Hati Anda Sedang Tidak Baik, Atasi dengan Cokelat dan Kurma
berita
Coklat dan Kurma
21 April 2020 17:00
Watyutink.com – Pernahkah Anda tiba-tiba merasa gundah dan sering marah-marah? Bisa jadi mood atau perasaan Anda sedang tidak baik. Hal inilah yang sangat mungkin menyebabkan perasaan hati tidak baik, sensitif, dan mudah marah. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan lantaran bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu hubungan dengan teman atau keluarga bisa terganggu. Pasalnya jika sebentar-sebentar marah tentu tidak ada teman atau saudara yang mendekati kita.

Tahukah Anda, bagaimana caranya mengatasi mood atau perasaan hati yang tidak enak?

Ternyata mengatasi mood atau perasaan hati yang tidak baik bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan mengonsumsi cokelat. Selain mudah cara ini juga enak dan nikmat. Pasalnya selama ini cokelat dikenal sebagai makanan yang banyak disukai orang.

Cokelat mempunyai beragam jenis, seperti bittersweet chocolate, dark chocolate, white chocolate, dan milk chocolate. Semua jenis cokelat itu dikenal memiliki kandungan theobramine dan phenylethylamine, zat yang sangat berperan dalam mengatur perasaan seseorang. Theobramine dan phenylethylamine diketahui dapat meningkatkan serotonin, hormon di dalam otak yang sangat mempengaruhi kebahagiaan.  

Selain itu mood seseorang juga dipengaruhi oleh hormon dopamin, oksitosin, dan endorfin. Mengonsumsi cokelat diyakini bisa mempengaruhi hormon kebahagiaan. Selain itu endorfin juga menimbulkan perasaan nyaman dan menghilangkan stress. Sedankan oksitosin berfungsi untuk membangkitkan kepercayaan dan membangun hubungan yang sehat.

Manfaat cokelat untuk memperbaiki mood akan lebih optimal jika dipadukan dengan mengonsumsi kurma dan kacang alound. Pasalnya kurma mengandung vitamin B6 yang terbukti dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu buah khas Timur Tengah itu juga membantu menyenangkan suasana hati dan mengatasi stres.

Sedangkan kacang almond dikenal kaya akan kandungan magnesium, zat seng, vitamin B, dan E. Nutrisi tersebut berguna untuk meredakan stres dan memberikan suasana rileks. Akibatnya mood atau perasaan hati akan menjadi lebih baik.

Untuk bisa mendapatkan manfaat cokelat, kurma, dan kacan almond bisa dilakukan dengan memakan langsung. Cokelat, kurma, dan almond bisa menjadi camilan sempurna untuk meredakan stres. Namun ketiga bahan tersebut juga bisa diolah menjadi minuman hangat dan nikmat.

Caranya, sediakan dua sendok makan cokelat bubuk, lima butir kurma yang sudah dibuang bijinya, dan satu butir kacang almond. Blender bahan-bahan itu dengan 300 mililiter air. Akan lebih nikmat jika minuman cokelat dinikmati dalam konsisi hangat.

Namun sangat disarankan tidak mengonsumsi cokelat sebelum tidur. Pasalnya cokelat juga memiliki kandungan kafein. Dikhawatirkan mengonsumsi cokelat sebelum tidur menyebabkan insomnia atau susah tidur.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF