Tips Buang Obat Kadaluwarsa dengan Aman
berita
Sumber Foto : okezone.com
26 September 2019 08:30
Watyutink.com – Apapun yang dikonsumsi pasti memiliki tanggal kadaluwarsanya. Tanpa terkecuali obat-obatan. Kita tidak boleh sembarangan membuang obat kadaluwarsa ke tempat sampah. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tahukah Anda cara aman membuang obat kadaluwarsa?

Menurut Dettie Yuliati, M.Si, Apt, Wakil Sekretaris Ikatan Apoteker Indonesia, menyimpan obat dalam rumah tidak boleh sembarangan, begitupula ketika membuang obat yang kadaluwarsa. Obat kadaluwarsa yang dibuang sembarangan di tempat sampah dapat membahayakan binatang jika mengorek tempat sampah.          

Cara membuang obat yang aman yaitu pertama keluarkan dari kemasan atau wadahnya. Untuk wadah yang ada tutupnya harus dibuang terpisah. Jika dibuang masih utuh bisa disalah gunakan.

Baca Juga

Kedua, untuk obat cair seperti sirup, harus dibuang dulu kesaluran air. Sedangkan untuk obat tablet dan kapsul harus ditumbuk dulu sampai halus, baru kemudian ditanam ke dalam tanah. Pastikan tidak ada tanaman di sekitar tempat Anda mengubur obat.

Ketiga, pastikan informasi dalam kemasan atau plastik obat telah dihapus untuk mengantisipasi agar informasi yang tertera tidak disalah gunakan.

Obat kadaluwarsa secara fisik dapat terlihat. Untuk obat bentuk tablet biasanya sudah lengket dengan wadahnya. Obat kapsul biasanya sudah menjadi bubuk atau muncul titik-titik kehitaman. Sedangkan obat cair seperti sirup, bila dikocok sudah tidak dapat bercampur lagi.

Menjaga lingkungan bisa dimulai dari hal-hal sepele.

(GD)

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia