Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama, Ternyata Gampang!
berita
Sumber Foto : republika.co.id
10 September 2019 16:15
Watyutink.com – Sebagian besar ibu-ibu rumah tangga membeli sayuran dalam jumlah banyak sebagai persediaan di rumah. Untuk menjaga kualitas agar tidak merubah cita rasa, sayuran perlu disimpan dengan cara yang benar agar tetap segar.

Tahukah Anda tips-tips untuk menyimpan sayuran agar tetap segar?

Cerdas memilih sayuran

Ketika hendak membeli sayuran, pastikan memilih yang masih segar. Sayuran yang tidak segar membuatnya lebih cepat membusuk.

Cuci terlebih dahulu

Sebelum disimpan, pastikan sayuran dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotorannya. Menyimpan sayuran dalam keadaan kotor membuatnya cepat busuk. Setelah dicuci, jangan langsung disimpan dalam kulkas, namun ditiriskan terlebih dahulu sampai benar-benar tiris dan airnya mengering. Menyimpan sayuran dalam keadaan utuh membuatnya segar lebih lama.

Pastikan kulkas bersih

Kulkas yang bersih menjadi hal yang penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Set suhu dalam kulkas antara satu sampai empat derajat celcius untuk mencegah timbulnya bakteri yang nantinya akan mempengaruhi rasa dan aroma sayuran.

Baca Juga

Bungkus dengan kertas atau tisu

Bungkuslah sayuran dengan kertas untuk menyerap kelembaban. Jika ingin lebih kering dapat ditambahkan tisu dapur dibagian alasnya. Kertas dan tisu mampu menyerap kelembaban pada sayur agar tetep segar.

Dimasukan kedalam kantong plastik

Jika ingin menyimpan sayuran dalam kantong plastik, pastikan melubanginya terlebih dahulu sebelum dimasukan dalam kulkas. Sayuran tetap membutuhkan oksigen agar segar lebih lama.

Pilah-pilah sayuran

Ada beberapa sayuran yang tidak bisa disimpan dalam kulkas, seperti tomat, jamur, tauge, dan daun kemangi karena akan mudah layu. Bahan dapur seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang Bombay pun lebih baik disimpan di luar kulkas. Jika disimpan dalam kulkas membuat teksturnya menjadi lembek dan mudah berjamur.

Atur sayuran dalam kulkas

Sayuran hijau di letakkan di laci kulkas paling bawah. Bagian ini memiliki suhu dingin yang lebih stabil sehingga sayuran hijau tidak cepat layu. Rak lantai dua digunakan untuk menyimpan sayuran dengan kadar air rendah seperti wortel, ko, buncis, dan kacang panjang. sedangkan rak lantai tiga digunakan untuk menyimpan sayur dengan kadar air tinggi seperti mentimun, cabai, dan paprika.

Meskipun dapat bertahan berhari-hari, lebih baik membeli sayuran secukupnya agar bisa langsung dimasak selagi masih segar.

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik