Tips Turunkan Berat Badan Saat Berpuasa
berita
Sumber Foto : futuready.com
20 May 2019 16:55
Watyutink.com - Sebagian masyarakat memanfaatkan momen bulan puasa Ramadhan untuk menurunkan berat badan atau diet. Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan dari fajar hingga terbenamnya matahari. Pola makan yang berubah dianggap dapat menurunkan berat badan.
 
Tahukan anda, cara menurunkan berat badan selama berpuasa?

Idealnya dengan berpuasa dapat menurunkan berat badan. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit yang merasa berat badannya naik selama berpuasa. Salah pola makan disinyalir menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan.

Berbuka dan sahur merupakan kesempatan tubuh mendapatkan asupan makanan dan cairan. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein lebih baik dibandingkan dengan makanan tinggi kalori. Makanan yang mengandung serat dan protein akan diserap dan dicerna oleh tubuh lebih lama. Hal ini menyebabkan tubuh merasa kenyang lebih lama. 
 
Membatasi makanan dan minuman yang manis. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, justru akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Hal ini dikarenakan, ketika berpuasa produksi insulin menurun, sehingga gula tidak dapat dirubah menjadi energi. Lebih baik memilih makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti buah, sayur, dan nasi merah.

Menghindari makanan yang digoreng saat berbuka dan sahur. Makanan yang digoreng kaya akan lemak jahat (lemak jenuh). Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dapat menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti kacang-kacangan atau ikan. lebih baik mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

Selain asupan makanan, asupan cairan tubuh juga wajib diperhatikan. Minum air putih setidaknya 8 – 12 gelas per hari. Cairan tubuh yang tercukupi meningkatkan kerja metabolisme tubuh, sehingga kalori dan lemak yang terbakar semakin banyak.  Kekurangan cairan membuat tubuh menjadi dehidrasi. 

Berolah raga selama berpuasa dapat memicu pembakaran lemak. Ketika berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa, maka tubuh akan mencari sumber energi lainnya, yaitu cadangan lemak untuk diolah. Pastikan jenis olah raga yang dipilih tidak menyebabkan puasa batal. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

FOLLOW US

Tim Teknis Bikin Boros Anggaran Saja             Presiden dan Kapolri Perlu Ambil Sikap Tegas             Fungsi Hutan Tidak Hanya dari Aspek Ekonomi              Kodim Lakukan Pendekatan Pembinaan Teriorial Bukan Pendekatan Operasi Tempur             Lingkungan Baik Ciptakan Anak Sehat             Anak Memiliki Bakat dan Kecerdasan yang Berbeda             Indonesia Bakal Menuai Musibah Electronic Sports             Pemekaran Kodim vis a vis Visi Pertahanan Negara Poros Maritim Dunia             Menggugat Peran Keluarga  Dalam Perlindungan Anak             Anak, Tanggung Jawab Bersama