PEMULIHAN EKONOMI DITENGAH KENAIKAN INFLASI DUNIA
berita
InfoTink
Sumber Foto: Narasi Institute 25 November 2021 11:00
Penulis
Zoominari Kebijakan Publik

Jumat, 26 November 2021
Pukul 15.30-selesai
zoom online

Deskripsi
Inflasi dunia menunjukan tanda-tanda kenaikan signifikan. Biro Statistik Inggris pada 17/11 melaporkan inflasi yang dilihat dari consumer price index (PCI) melesat 4,2% di bulan Oktober dari tahun sebelumnya (year-on-year/YoY) dari bulan sebelumnya 3,1% YoY.

Inflasi Inggris di bulan Oktober menjadi yang tertinggi dalam satu dekade terakhir, tepatnya sejak November 2011. Inflasi tersebut lebih dari dua kali lipat dari target bank sentral Inggris.

Hal yang sama juga terjadi di zona euro, di mana inflasinya tumbuh 4,1% YoY, jauh di atas target European Central Bank sebesar 2%. Kenaikan harga produsen juga terjadi di Eropa naik 16.3%, China naik 13,5 persen, AS sekitar 8.6%. Indeks dollar AS berpotensi menguat lagi karena inflasi di Uni Eropa tinggi.

Pemerintah AS beberapa waktu lalu melaporkan inflasi consumer price index (CPI) di bulan Oktober dilaporkan tumbuh 6,2%, lebih tinggi dari pertumbuhan bulan September 5,4% year-on-year (YoY). Inflasi tersebut merupakan yang tertinggi dalam 30 tahun terakhir.

Bagaimana pemulihan ekonomi Indonesia ditengah kenaikan inflasi dunia? Bagaimana Indonesia seharusnya menyikapinya agar pemulihan ekonomi nasional berlangsung lebih cepat?

Saksikan bersama:
1. Aviliani, Ekonom Senior
2. Awali Rizky, Kepala Ekonomi Pusat Belajar Rakyat
3. Anthony Budiawan, Managing Director Political Economy & Policy Studies (PEPS)
4. Prof Didin S Damanhuri, Guru Besar Ekonomi IPB

Registrasi:
bit.ly/NarasiInflasiDunia

Live Youtube: https://youtu.be/fecp8Rae7bc

NARASI INSTITUTE
Achmad Nur Hidayat

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF