Larva Paling Horor
berita
Pikiran Bebas
17 April 2021 17:00
Penulis

Pembelajar Kebudayaan dan Peradaban

PADA lazimnya bentuk larva mengerikan. Namun menurut selera subyektif saya pribadi : larva paling mengerikan adalah yang disebut sebagai undur-undur (lihat foto ilustrasi di atas naskah ini). 

Sosok undur-undur memang horor seperti monster maka dalam bahasa Inggris kerap dijuluki sebagai antlion alias semut singa karena tubuhnya memang berbulu seperti kepala singa.

Bagi saya sebutan undur-undur lebih atraktif ketimbang antlion. Disebut undur-undur karena larva ini kerap berjalan mundur, meski sebenarnya juga bisa berjalan maju.

Undur-undur tersohor atas kemampuan menggali pasir berbentuk geometris bulat yang berfungsi ganda sebagai sarang sekaligus perangkap untuk menangkap mangsa yang tergelincir masuk ke pusat pusaran pasir di mana sang undur-undur sudah siap siaga dengan moncong dahsyatnya untuk menerkam kemudian menghisap cairan tubuh sang mangsa.

Semula saya keliru menyangka undur-undur adalah serangga padahal larva. Memang undur-undur sebagai larva kemudian bermetamorfosa menjadi serangga bersayap mirip dengan capung.

Undur-undur memang lebih tersohor sebagai larva ketimbang setelah menjadi serangga bersayap karena usia serangga bersayap sangat pendek.

Penampilan seram ragawi serta tabiat buas undur-undur sebagai larva memang jauh lebih impresif mau pun ekspresif ketimbang setelah menjadi serangga bersayap yang relatif membosankan.

Apalagi serangga bersayap tidak bisa terbang mundur seperti undur-undur mahir berjalan mundur.

* Konten ini adalah kiriman dari user, isi konten sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis/kreator/user. Ingin membuat konten di Watyutink? Klik di sini!

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF