188 TKA China Mendarat di Bandara Soetta, Warganet Teriak
berita
Sumber Foto: kompas.com
24 January 2021 07:45
Watyutink.com - Warganet dikejutkan dengan postingan tentang 188 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang mendarat di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Sabti 23 Januari 2021. Postingan yang menampilkan foto dari sejumlah media online itu memperlihatkan sejumlah TKA China sedang berjalan di Terminal 3 Bandara Soetta menuju sebuah bus. 

Dalam postingan tersebut dikatakan, para TKA China baru tiba di Indonesia menggunakan pesawat China Southern CZ387. Para TKA China terlihat mengenakan baju hazmat. Pakaian tersebut mirip dengan yang biasa dikenakan para petugas medis yang menangani pasien Covid-19. 

Warganet langsung bereaksi dengan informasi tersebut. Umumnya mempertanyakan mengapa warga negara asing bisa masuk Indonesia ditengah pandemi Covid-19 yang masih berkecamuk di tanah air. 

Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Roy Suryo melalui cuitan di akun twitternya @KRMTRoySuryo2 menuliskan, "Barusan Pemerintah Umumkan Perpanjangan Larangan utk Semua WNA masuk ke Indonesia, Kemarin ada 188 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yg tiba di Indonesia dgn Flight China Southern CZ-387 memakai Baju Hazmat" 

Mantan politisi Partai Demokrat yang juga pakar telematika ini pun mempertanyakan maksud kedatangan mereka. Apakah hal ini telah melanggar berbagai peraturan yang ada. Diakhir cuitannya, Roy menuliskan, "AMBYAR."

Sementara itu pemilik akun @ferly_norman 
dalam cuitan membagikan tautan berita pada akhir Desember 2020. Isi beritanya adalah pernyataan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi tentang penutupan sementara kunjungan WNA ke Indonesia. Dalam pernyataan pers yang disampaikan pada Senin, 28 Desember 2020, Retno menyebut larangan masuknya WNA berlaku mulai 1 Januari 2021. 

Namun larangan itu tidak berlaku bagi kunjungan resmi pejabat setingkat kementerian. Kunjungan pejabat dari luar negeri menurut Retno masih diperbolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Itulah sebabnya pemilik akun menyindir dengan mengatakan para TKA China tersebut adalah para "Menteri."

Pemilik akun @BaeNapo menuliskan, "Ngatur sendiri dilanggar sendiri, pasti cari² pembenaran n semua wajib manggut² dah."

Seperti membenarkan ungkapan "aturan dibuat untuk dilanggar." 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI