Bamsoet Klarifikasi Pernyataan Lokasi Formula E Ditentukan Jokowi
berita
Albert Longo, Anies Baswedan, Bambang Soesetya. Foto : Instagram @aniesbaswedan
26 November 2021 14:00
Watyutink.com - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo akhirnya memberikan klarifikasi terkait penentuan lokasi balapan mobil listrik Formula E di Jakarta. Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan penentuan lokasi yang nantinya menjadi sirkuit lomba balap mobil Formula E adalah tanggung jawab IMI, PT Jakarta Propertindo (JakPro), dan Chief Championship Formula E Operations (FEO) Alberto Longo.

Pernyataan tersebut sekaligus meluruskan pernyataan sebelumnya yang menyebut lokasi sirkuit Formula E ditentukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat menggelar konferensi pers, Jumat 26 November 2021, Bamsoet menuturkan Chief FEO, Alberto Longo yang akan bertanggung jawab soal keputusan lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022.

Namun sebelumnya Alberto ingin terlebih dahulu bertemu Presiden Jokowi. Hal itu atas saran dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Menurut Bamsoet, Anies berharap Jokowi akan memberikan arahan terkait lokasi yang paling tepat untuk menggelar balapan Formula E.

Ketua MPR RI ini menuturkan hal itu juga sebagai bentuk penghormatan Alberto Longo terhadap Jokowi. Bamsoet menambahkan di beberapa negara tempat balap Formula E dilakukan, Alberto juga melakukan hal serupa. Ia selalu meminta arahan pimpinan negara tersebut.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan balap Formula E adalah event Internasional. Sehingga wajar jika penyelenggara meminta saran dan arahan dari presiden. Bamsoet menyampaikan, tidak sembarang tempat
bisa dijadikan sirkuit Formula E. Pasalnya  Formula E memiliki keunikan tersendiri dibanding balapan sejenis lainnya karena menggunakan jalan raya ditengah kota.

Pembangunan sirkuitnya tidak boleh mengganggu struktur yang sudah ada. Bamsoet mencontohkan mengubah atau memindahkan bangunan yang sudah ada. Apalagi sampai memotong pepohonan dan merusak lingkungan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Bamsoet menilai kawasan Ancol merupakan lokasi yang paling tepat. Jika dibanding empat lokasi lainnya, yakni Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) JIEXPO Kemayoran, dan kawasan Jakarta International Stadium (JIS).

Jadi jelas, bukan Jokowi penentunya.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF