Luhut Tegaskan Pemerintah Perketat Kedatangan WNA Asal Arab Saudi, Turki, dan AS
berita
Sumber Foto : Antara
28 September 2021 09:10
Watyutink.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah masih memperketat kedatangan warga negara asing (WNA) ke Indonesia. Terutama dari Arab Saudi, Turki, dan Amerika Serikat (AS). Luhut mengatakan langkah tersebut diambil karena potensi penularan Covid-19 di negara-negara tersebut masih cukup tinggi.

Saat menggelar konferensi pers usai rapat terbatas hasil Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Senin 27 September 2021, Luhut menjelaskan terdapat beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Turki yang katagori penularan Covid-19 masih tinggi. Itulah sebabnya WNA asal kedua negara itu wajib melakukan karantina selama 8 hari saat datang ke Indonesia.

Sedangkan Arab Saudi, Luhut mengakui tingkat penularan di sana sudah rendah. Namun dalam perjalanan menuju Indonesia bisa saja penumpang tertular Covid-19. Itulah sebabnya WNA asal Arab Saudi akan langsung dilakukan karantina tanpa melalui pemeriksaan di bandara terlebih dahulu.

Mantan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) ini menuturkan menurut keterangan para epidemiolog, gejala seseorang tertular Covid-19 varian Delta saat ini sudah bisa dilihat dalam waktu 2 hari. Itulah sebabnya para WNA yang datang harus langsung melakukan proses karantina.

Menurut Luhut pemerintah akan mengatur kedatangan penumpang dari luar negeri. Hal ini demi menghindari terjadinya penumpukan penumpang. Upaya ini dilakukan juga demi menghindari berbagai kemungkinan yang tidak terduga.

Dari China kok tidak diperketat pak, kan Covid-19 dari sana asalnya.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF