MK Putusakan UU Cipta Kerja Inkonstitusional, Pemerintah Siap Lakukan Perbaikan
berita
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
26 November 2021 15:00
Watyutink.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Undangan-Undang (UU) Cipta Kerja. Airlangga memastikan pemerintah siap melaksanakan putusan tersebut dan segera melakukan perbaikan atas UU Nomor 11 Tahun 2020 tersebut.

Saat memberikan keterangan, Kamis 25 November 2021, Airlangga mengatakan, sejatinya UU Cipta Kerja masih berlaku konstitusional sampai ada perbaikan. Putusan MK memberikan tenggat waktu paling lama 2 tahun kepada pemerintah untuk melakukan perbaikan.

Ketua Umum Partai Golkar ini menuturkan putusan MK juga meminta pemerintah tidak menerbitkan peraturan baru yang bersifat strategis sampai dilakukan perbaikan terhadap UU Cipta Kerja. Dengan demikian, peraturan perundangan yang telah diberlakukan untuk melaksanakan UU Cipta Kerja tetap berlaku.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau Omnibus Law. Namun dalam putusannya MK menilai pembentukan UU Cipta Kerja tidak berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45). Itulah sebabnya MK memerintahkan UU Cipta Kerja diperbaiki dalam jangka waktu 2 tahun.

Ketua MK, Anwar Usman saat membacakan putusan, Kamis 25 November 2021, menyatakan UU Cipta Kerja masih berlaku hingga dilakukan perbaikan dengan tenggat waktu 2 tahun. Anwar meminta pemerintah dan DPR melakukan perbaikan UU Cipta Kerja.

Jika dalam jangka waktu 2 tahun tidak dilakukan perbaikan, sesuai putusan MK, UU Cipta Kerja menjadi inkonstitusional atau tidak mempunyai dasar hukum permanen. Selain itu jika selama 2 tahun tidak ada perbaikan maka aturan yang sebelumnya dicabut atau diubah oleh UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja harus dinyatakan berlaku kembali.

Selain itu, MK juga meminta pemerintah menangguhkan segala tindakan kebijakan yang bersifat strategis dan berdampak luas berkaitan dengan UU Ciptaker.

Putusannya nanggung, inkonstitusional tapi tetap berlaku sebelum 2 tahun.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF