Moeldoko Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Demokrat Versi KLB Sumut
berita
Sumber Foto : Antara Foto
05 March 2021 17:30
Watyutink.com - Beberapa pihaknya yang mengaku sebagai kader Partai Demokrat akhirnya benar-benar menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB). Acara yang diselenggarakan di The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Jumat 5 Maret 2021 mempunyai agenda memilih ketua umum (ketum) baru guna menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Seperti telah diperkirakan banyak pihak, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko akhirnya terpilih menjadi ketua umum. Setelah dilakukan voting atau pemungutan suara, Moeldoko mengalahkan mantan Ketua DPR, Marzuki Alie. Moeldoko dicalonkan DPD Kalteng, Sulteng, Papua Barat, hingga Aceh. Sedangkan Marzuki Alie dicalonkan oleh DPD NTB.

Meski tidak tampak hadir dalam KLB tersebut, Moeldoko tetap dikukuhkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang baru. Pimpinan sidang Jhoni Allen Marbun saat membacakan keputusan mengatakan mantan Panglima TNI itu ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2021-2025. 

Jhoni Allen kemudian bertanya kepada sidang apakah hasil tersebut disepakati. Seluruh peserta sidang di ruangan tersebut kompak menjawab "Setuju."

Sementara itu Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menegaskan KLB di Deli Serdang, Sumut adalah kegiatan ilegal. Kamhar memastikan KLB yang digagas Jhoni Allen Marbun itu tidak dihadiri ketua-ketua DPD dan DPC pemegang suara yang sah. Terlebih Jhoni Allen dan beberapa penggagas KLB sudah tidak lagi menjadi kader Partai Demokrat lataran sudah dipecat. 

Saat memberikan keterangan, Jumat 5 Maret 2021 Kamhar menyatakan jika ada yang mengatasnamakan Partai Demokrat untuk menyelenggarakan KLB dipastikan itu ilegal. Pasalnya hingga saat ini DPP Partai Demokrat belum pernah mengeluarkan SK kepanitiaan tentang penyelenggaraan KLB. 

Jangan-jangan nantinya pemerintah mengakui hasil KLB! 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI