Pekerja Bergaji di Bawah Rp3,5 Juta Bakal Dapat Bantuan Rp500 Ribu Per Bulan 
berita
Sumber Foto : Instagram @idafauziahnu
22 July 2021 08:00
Watyutink.com - Pemerintah dikabarkan bakal mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja formal di sektor non esensial dan non kritikal. Rencananya BLT diberikan dalam bentuk bantuan subsidi gaji di wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Rencana tersebut dikemukakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberikan konferensi pers secara virtual Rabu 21 Juli 2021. Ida menjelaskan BLT diberikan kepada pekerja dengan gaji kurang dari Rp3,5 juta per bulan. Besaran BLT yang bakal diterima pekerja adalag Rp500 ribu per bulan. 

Nantinya BLT akan dibagikan setiap dua bulan sekali. Sehingga pekerja akan menerima BLT subsidi gaji sebesar Rp1 juta per dua bulan sekali. Sayangnya Ida tidak menyebutkan secara pasti kapan rencana pemberian BLT akan direalisasikan. 

Ida menuturkan pemberian BLT adalah respon dari penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak terhadap ekonomi dan daya beli pekerja. Selain itu BLT juga untuk  mendukung bisnis dan buruh selama penerapan PPKM akibat pandemi Covid-19. 

Politisi PKB ini menerangkan ada beberapa kriteria pekerja yang bakal menerima BLT. Syarat tersebut antara lain, berstatus WNI dan penerima upah yang menjadi anggota Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sampai Juni 2021.

Penerima BLT berada di daerah PPKM Level 4. Penerima BLT adalah pekerja di sektor terdampak, yakni sektor industri, barang konsumsi, barang jasa terkecuali jasa pendidikan dan kesehatan, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate.

Ida menjelaskan pihaknya akan menggunakan data dari BPJS Kesehatan sampai 30 Juni 2021 yang sudah tervalidasi sebagai dasar penentuan pemberian BLT.  Nantinya data yang sudah diverifikasi dan divalidasi BPJS Kesehatan akan disarankan kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). 

Proses penyaluran subsidi upah menurut Ida akan dilakukan oleh bank pemerintah anggota Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara. 

Ida menegaskan hanya peserta yang terdaftar dan memenuhi persyaratan yang akan menerima BLT. Oleh karena itu, Ida mengimbau pekerja segera menyerahkan nomor rekeningnya kepada perusahaan untuk diteruskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Jangan hanya janji kosong, segera umumkan kapan pencariannya. 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF