Polresta Banyuwangi, Jatim Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp4,5 Triliun
berita
Sumber Foto : antaranews.com
02 March 2021 14:40
Watyutink.com - Kapolresta Banyuwangi, Jawa Timur, Kombes Arman Asmara Syarifuddin menyatakan pihaknya berhasil membongkar sindikat pengedar uang palsu (upal). Jumlah upal yang berhasil diamankan menurut Arman sangat besar hingga mencapai Rp4,5 triliun. Turut diamankan 10 orang yang diduga anggota sindikat uang palsu antarprovinsi. 

Saat memberikan keterangan, Senin 1 Maret 2021, Arman menjelaskan sebelumnya anggota Polresta Banyuwangi juga membongkar peredaran upal senilai Rp2,8 triliun. Sindikat yang ditangkap di salah sati hotel itu mengedarkan upal dalam mata uang asing. 

Arman menambahkan, dari hasil pengembangan, jajarannya berhasil kembali mengamankan uang asing yang diduga palsu senilai Rp1,7 triliun. Uang asing tersebut menurut Arman terdiri dari 100 lembar mata uang euro dan 100 lembar mara uang yuan China. Pada mata uang euro tersebut tertera masa berlaku dari Tahun 1999 hingga 2000 di 15 negara.

Saat ini petugas tangah mengecek status mata uang asing tersebut. Polresta Banyuwangi berkoordinasi dengan konsulat negara asing guna memastikan apakah uang tersebut bisa digunakan untuk transaksi atau hanya sekadar hiasan atau pajangan. 

Arman menuturkankan hasil penyelidikan diketahui para tersangka mendapatkan uang asing tersebut dari seseorang di Jakarta. Itulah sebabnya hingga kini menurut Arman anak buahnya tengah memburu tersangka lain. 

Sedangkan 10 orang tersangka yang berhasil diamankan berasal dari daerah berbeda. Selama ini, mereka melancarkan aksinya di sejumlah wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat. 

Jumlahnya fantastis, mungkinkah ada keterlibatan orang penting? 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI